Komitmen Kementerian ESDM Melalui Program PJUTS Dalam Mengurangi Energi Fosil

DETIK ACEH

- Redaksi

Senin, 1 Juli 2024 - 11:29 WIB

6017 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Aceh Besar – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) resmi menyerahkan penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) di Kabupaten Aceh Besar. Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting serta masyarakat setempat yang antusias menyambut inisiatif ini.

Kegiatan peresmian ini turut dihadiri oleh Drs. H. Anwar Idris, Anggota DPR RI Komisi VII, Tgk Ahmada, Anggota DPD RI terpilih, dan Ibu Andriah Feby Misna, ST., MT, Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan. Selain itu, Bapak Abu Bakar, S.Ag., Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Besar yang mewakili Penjabat Bupati Aceh Besar, serta pejabat lainnya seperti Kepala Bidang Energi dan Pimpinan Yayasan Dayah Almuhajirin selaku penerima manfaat Abi Faisal Ali.

Kegiatan peresmian juga turut dihadiri oleh 120 penerima manfaat dari lampu PJUTS yang terdiri dari santri Dayah dan masyarakat setempat. Ini menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap program ini yang telah memberikan manfaat penerangan serta penghematan energi.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pimpinan Yayasan Dayah Al-Muhajirin menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada Drs. H. Anwar Idris dan Kementerian ESDM atas bantuan PJUTS.

“Lampu penerangan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama saat terjadi pemadaman listrik oleh PLN. Selain itu, keberadaan PJU-TS juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga sekitar, terutama di malam hari”. Ujar Abi Faisal dalam kata sambutannya.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Besar, Bapak Abu Bakar, S.Ag., yang mewakili Penjabat Bupati Aceh Besar turut mengaapresiasi kepada Kementerian ESDM. Beliau menegaskan bahwa pemilihan Kabupaten Aceh Besar sebagai lokasi program penerangan jalan umum tenaga surya merupakan langkah maju yang sangat berarti dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Andriah Feby Misna selaku Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Kementerian ESDM menyoroti pentingnya transisi dari energi fosil ke energi terbarukan dalam kesempatan kata sambutannya. Beliau menjelaskan bahwa penggunaan energi fosil telah menyebabkan polusi udara dan pemanasan global, dan pemerintah berkomitmen untuk melakukan transisi energi ke energi matahari.

“Di Dayah Al-Muhajirin, telah dipasang 25 PJU-TS yang memanfaatkan energi surya, yang disimpan dalam baterai sehingga lampu tetap menyala meskipun ada masalah dengan PLN. Energi terbarukan seperti ini tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga memastikan ketersediaan penerangan yang stabil.” Ujar Andriah

Drs. H. Anwar Idris juga menyampaikan harapannya kepada masyarakat Aceh Besar. Selama masa jabatannya, sudah 135 dayah yang dipasangi lampu PJU-TS. Saat ini, Komisi VII DPR-RI sedang dalam tahap finalisasi Undang-Undang Energi Baru Terbarukan. Ia menegaskan komitmen Komisi VII DPR-RI untuk melahirkan undang-undang tersebut pada periode ini, menekankan pentingnya dukungan terhadap energi terbarukan untuk masa depan yang lebih baik.

Kegiatan peresmian dan serah terima ini menandai komitmen pemerintah dalam mendukung penggunaan energi terbarukan di masyarakat. Dengan adanya PJU-TS, diharapkan kualitas hidup masyarakat Aceh Besar akan meningkat, terutama dalam hal penerangan jalan yang lebih handal dan ramah lingkungan. Kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat diharapkan dapat terus mengembangkan penggunaan energi terbarukan yang memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat Aceh Besar dan sekitarnya.

Berita Terkait

SMAN 1 Montasik Gelar Acara Pelantikan Komite dan Lounching Lagu Mars
262 Bintara Remaja Dilantik, Kapolda Aceh: Jangan Pernah Sakiti Hati Masyarakat
Ini Nama Khatib Besok
Wujudkan Mimpi,Srikadi PLN UID Aceh Nyalakan Listrik Pelanggan Tidak Mampu Melalui Program LUTD
Kodam Iskandar Muda Gelar Kegiatan Pembentangan Bendera Merah Putih dan Pemberian Baksos kepada Masyarakat Gp.Lamreh
Giat Nongki (Nongkrong Sambil Ngopi) Menambah Kesolidan TNI & Polri, dalam sinergitas Penegakan Hukum.
Awal Mei, Ini 81 Khatib Jumat Besok di Aceh Besar
Geliat Keutapang II, Pusat Kuliner Pinggiran Banda Aceh

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 08:58 WIB

Bripka Ari Arfandi, SH Raih Penghargaan Babinkhamtibmas Terbaik Polres Abdya 2024

Jumat, 19 Juli 2024 - 14:46 WIB

Dimanakah Hati Nurani Pemkab Aceh Selatan dalam Penggunaan Anggaran

Jumat, 19 Juli 2024 - 12:59 WIB

Bati tuud Koramil 05/ Pining Kodim 0113/Gayo Lues Pimpin Jum’at Bersih Di Desa Uring Kec. Pining

Jumat, 19 Juli 2024 - 02:46 WIB

MPW ICMI Aceh sepakati Beli Lahan

Kamis, 18 Juli 2024 - 23:02 WIB

Pj Gubernur Lantik H. Jata,SE Sebagai Pj. Bupati Gayo Lues

Minggu, 14 Juli 2024 - 17:28 WIB

Kelanjutan Proses Rehab Mesjid Baiturahim, Hari Ke-21

Rabu, 3 Juli 2024 - 08:04 WIB

Desa Kayee Aceh Kembali Salurkan BLT-DD Juli 2024

Senin, 1 Juli 2024 - 10:07 WIB

Tiga Pilar, Desa Kayee Aceh Raih Juara 1 se- Abdya di Hari Bhayangkara ke-78 Polres Abdya

Berita Terbaru

ACEH SINGKIL

Mulyadi Manik ( AMPAS) Meminta Kepada APH. Audit Kegiatan Bimtek

Selasa, 23 Jul 2024 - 01:35 WIB