Kegiatan Bimtek Tuha Peut Gampong di Paya Bakong Terkesan Berbau Bisnis, Forum Keuchik Diduga Raup Keuntungan

DETIK ACEH

- Redaksi

Minggu, 26 Mei 2024 - 15:17 WIB

6050 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Aceh Utara |  Kegiatan bimtek Tuha Peut Gampong di Kecamatan Paya bakong, kabupaten Aceh Utara, Diduga berindikasi dan terkesan hanya untuk meraup keuntungan semata oleh pihak forum.

Pasalnya, baru-baru ini para Keuchik Gampong di kecamatan paya Bakong, menganggarkan anggaran dana desa pergampong sebesar Rp 6.000.000 untuk biaya pelaksanaan Bimtektuha Peut, yang dilaksanakan di aula SMPN 1 kecamatan setempat. Minggu 26/05/2024.

Salah seorang tokoh masyarakat di kecamatan Paya bakong yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan pada media ini, “kegiatan bimtek tuha Peut yang dilakukan beberapa waktu lalu, menurut saya kegiatan tersebut.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Seperti tidak ada manfaatnya bagi para Tuha Peut, karena belum terhitung satu bulan kegiatan bimtek dimaksud dilaksanakan, akan tetapi terlihat banyak Tuha Peut yang masih tidak mengetahui apa fungsi dan tugasnya di Gampong-gampong, “Ucap tokoh masyarakat Kecamatan Paya bakong dengan rasa kecewa.

Tambahnya Dengan demikian” sehingga menimbulkan persepsi di kalangan masyarakat, kegiatan bimtek itu, seakan-akan berindikasi adanya unsur bisnis oleh pihak penyelenggara.

Sebab, anggaran perdesa sebanyak 6 juta, di kumpulkan pada Forum Keuchik, dan yang terlihan di beritakan kepada peserta bimtek dari kalangan tuha Peut sebanyak 223 orang,  Pergampong ada yang lima orang tuha Peut dan ada yang dua orang peserta dan di berikan Rp 300 ribu uang saku selama dua hari mengikuti kegiatan bimtek itu.

Selain uang para peserta juga di beritakan Tas, alat tulis dan baju batik, jika di kalikan dari jumlah anggaran 6 juta Pergampong, kalikan 39 Gampong, “artinya jumlah anggaran yang di kelola pihak penyelenggara kegiatan bimtek tersebut, sebesar Rp 234 juta.

Dan besar dugaan Badan kerjasama antara desa (BKAD), sebagai lembaga menyelenggarakan kegiatan bimtek dimaksud, yang legalitas badan hukum juga sangat diragukan keapsahan legalitasnya.”Tutur Tokoh tersebut

“Semetara itu, Ketua forum Keuchik Kecamatan Paya bakong IMRAN yang juga Keuchik Gampong Tunong Krueng, ketika diminta tanggapan oleh awak media Via Tlpon, “Mengatakan pelaksanaan Bimtek para Tuha Peut Gampong yang dilaksanakan di aula SMPN 1 Kecamatan Paya bakong beberapa waktu lalu.

Menurutnya Saya, pelaksanaannya telah sesuai dengan Juknis dan SOP, sebagaimana bimtek bisanya di laksanakan,  dan sangat bermanfaat bagi para Tuha Peut Gampong yang mengikuti kegiatan bimtek tersebut, karena yang dibimbing oleh para pemateri, tentang persoalan tugas dan fungsi serta peran Tuha Peut di Gampong-gampong.”Tegas AMRAN

Lanjutnya, Kalau ada pihak yang mengatakan tidak bermanfaat, itu menurut orang tersebut, tetapi menurut saya sangat bermanfaat. “Ketika awak media ini menyinggung tentang lembaga penyelenggara kegiatan bimtek dimaksud, Ketua forum Keuchik tersebut, mengatakan itu bukan ranah dirinya untuk menjelaskan Nama dan Alamat lembaga penyelenggara bimtek itu.

“Saya tidak bisa menjelaskan tentang nama dan alamat lembaga penyelenggara kegiatan bimtek tuha Peut di kecamatan paya Bakong, sama seperti awak media ini, tidak bisa menjelaskan identitas sumbernya.” Terang Amran sembari Menutup tlpon

(Editor Tim)

Berita Terkait

Kantor DPD PWO Aceh Utara dipeusijuk, Marzuki Samad Bergerak Bersama Rakyat Untuk Kebenaran dan Keadilan
Sawang Dan Muara Batu Menjadi Lokasi Program Sertipikat Gratis PTSL 2024

Berita Terkait

Rabu, 12 Juni 2024 - 15:12 WIB

Reboisasi dan Gerakan Peduli Sosial Rutinitas PT SPT di Kecamatan Sultan Daulat

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:45 WIB

PT Sawit Panen Terus Telah Lengkapi Ijin Perkebunannya & lakukan Rehabilitas Lingkungan

Selasa, 11 Juni 2024 - 12:34 WIB

Polda Banten Ungkap Kasus Kelanjutan Pemburuan Liar Badak Bercula Satu di TNUK

Selasa, 11 Juni 2024 - 12:30 WIB

Kapolda Aceh Terima Kunjungan Mahasiswa Prodi Kajian Ketahanan Nasional UI

Selasa, 11 Juni 2024 - 03:38 WIB

Maju Jadi Calon Gubernur Aceh Irwandi Yusuf Ingin Bangun Provinsi Aceh Secara Kolaboratif

Senin, 10 Juni 2024 - 11:08 WIB

Desa Sepadan Membangun Perbaiki Infrastruktur Jalan dan Jembatan

Minggu, 9 Juni 2024 - 01:46 WIB

Syahbudin Padang Meminta,Periksa Itu LPJ nya, Mana Tau Sudah Selesai Dibuat Tapi Kerjaan Mangkrak. Inspektorat kemana kalian, cek itu LPJ DAK Fisik Pendidikan 2023.

Kamis, 6 Juni 2024 - 15:15 WIB

Kantor DPD PWO Aceh Utara dipeusijuk, Marzuki Samad Bergerak Bersama Rakyat Untuk Kebenaran dan Keadilan

Berita Terbaru