Kadin Aceh Dukung Harapan Guru Besar USK Terkait PON Aceh

DETIK ACEH

- Redaksi

Senin, 8 Juli 2024 - 16:46 WIB

6047 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Banda Aceh, – Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 semakin dekat. Persiapan demi persiapan terus dilakukan untuk menyukseskan perhelatan akbar ini. Salah satu aspek penting yang tak boleh luput dari perhatian adalah penyediaan katering yang berkualitas dan profesional.

Katering bukan sekadar penyedia makanan, tetapi juga berperan penting dalam mendukung performa para atlet. Menu makanan yang bergizi seimbang dan sesuai kebutuhan kalori atlet menjadi kunci utama. Hal ini penting untuk dijaga agar para atlet dapat tampil maksimal di arena pertandingan. Senin 8 Juli 2024

Kadin Aceh menyatakan pandangannya sejalan dengan Prof. Mukhlis, Guru Besar Universitas Syiah Kuala (USK), yang menekankan pentingnya layanan katering yang profesional untuk kesuksesan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Menurutnya, kepastian kualitas dan keamanan pangan adalah aspek krusial yang harus dijaga. Bahan makanan yang segar, higienis, dan diolah dengan standar sanitasi yang ketat merupakan keharusan.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Katering profesional harus memiliki dapur dan peralatan masak yang bersih serta terawat, serta menerapkan prosedur penyimpanan dan pengolahan makanan yang tepat. Hal ini untuk memastikan bahwa semua makanan yang disajikan aman dan bebas dari kontaminasi yang dapat mengganggu kesehatan atlet.

Selain itu, katering profesional juga dituntut untuk memiliki ketepatan waktu dan efisiensi penyajian. Makanan harus tersedia tepat waktu sesuai dengan jadwal pertandingan dan kebutuhan atlet. Sistem logistik yang handal dan personel yang terlatih menjadi kunci kelancaran distribusi makanan. Keterlambatan dalam penyediaan makanan dapat berpengaruh buruk pada performa atlet.

Fleksibilitas dan adaptivitas terhadap perubahan juga menjadi poin penting. Katering harus siap sedia menyesuaikan menu dengan permintaan atlet atau kondisi tertentu, serta mampu beradaptasi dengan perubahan jumlah peserta atau jadwal pertandingan. Tim yang tanggap dan responsif sangat dibutuhkan untuk memastikan kebutuhan gizi atlet terpenuhi tanpa hambatan.

Memanfaatkan teknologi juga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan katering. Sistem yang saling terintegrasi, aplikasi pemantauan stok bahan makanan, dan sistem informasi menu makanan menjadi beberapa contoh penerapan teknologi yang bermanfaat. Teknologi ini tidak hanya membantu dalam pengelolaan bahan makanan tetapi juga dalam memastikan keakuratan informasi gizi yang disediakan.

Kadin Aceh juga menyoroti bahwa katering PON XXI Aceh-Sumut dapat menjadi momen untuk mempromosikan kekayaan budaya kuliner lokal. Menu khas Aceh dan Sumatera Utara dapat diintegrasikan ke dalam menu makanan PON, sehingga para atlet dan pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia dapat merasakan sensasi kuliner nusantara yang lezat.

Tak hanya itu, katering profesional juga harus memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Penerapan praktik ramah lingkungan seperti mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, mengolah sampah makanan dengan benar, dan menggunakan bahan-bahan yang berkelanjutan harus menjadi komitmen. Ini sejalan dengan upaya global untuk menciptakan acara yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Dengan memenuhi semua poin penting di atas, katering profesional dapat menjadi salah satu faktor kunci dalam menjamin kesuksesan PON XXI Aceh-Sumut. Katering yang berkualitas tidak hanya memastikan para atlet mendapatkan asupan gizi yang optimal, tetapi juga memberikan pengalaman positif bagi para peserta dan pengunjung PON. Dukungan dari berbagai pihak, termasuk Kadin Aceh, sangat penting untuk memastikan bahwa semua aspek persiapan berjalan lancar dan sesuai harapan.

Berita Terkait

Pangdam IM dan Pj Walikota Banda Aceh Pelopori Pembangunan Mushola di SMPN 1 Banda Aceh
TTI Desak APH Tindaklanjuti Pelanggaran Hukum Dalam Proses Tender
Aminullah di Mata Pemuda Banda Aceh: Sukses Sektor Ekonomi, Pembangunan, dan Kepemudaan
Dinilai Tidak Kooperatif Saat Didatangi, Danki Tempatkan Informen WH di Warung Fika
Langgar Aturan, Irwan Djohan Diminta Buka Banner Kampanye dalam Tempo Tiga Hari
Dilantik sebagai Ketua Umum PB HUDA, Tu Sop : Kita Harus Hadir Memberi Solusi bagi Ummat
Kakorlantas Survei Pamwal Rolakir PON XXI Aceh-Sumut 2024
Tujuh Kloter Jemaah Haji Aceh sudah Pulang ke Tanah Air

Berita Terkait

Kamis, 18 Juli 2024 - 03:35 WIB

Satu keluarga Diusir: Korban Resmi Melaporkan Keuchik Gampong Blang Geulumpang Peudada Kepolres Bireuen

Berita Terbaru