5 Pelanggan dan 6,7 Juta VA Terhubung: Komitmen Nyata PLN dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Aceh

DETIK ACEH

- Redaksi

Senin, 3 Juni 2024 - 15:32 WIB

6023 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Banda Aceh, 3 Juni 2024 – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Aceh baru saja meresmikan beberapa pelanggan potensial, menandai komitmen kuat perusahaan untuk meningkatkan akses listrik di berbagai sektor. Sebagai bagian dari upaya yang berkelanjutan untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, PLN dengan bangga melanjutkan inisiatifnya dalam menyelesaikan penyambungan listrik bagi pelanggan potensial di Aceh.

Dengan tujuan mendukung operasional industri lokal dan merangsang pertumbuhan ekonomi daerah, PLN tidak hanya fokus pada peningkatan akses listrik tetapi juga pada optimalisasi penggunaan energi listrik di sektor industri. Ini adalah bagian dari visi PLN untuk tidak hanya menjadi penyedia listrik, tetapi juga mitra dalam pertumbuhan dan kemajuan ekonomi daerah-daerah yang dilayaninya. Langkah ini merupakan wujud dari komitmen PLN untuk menjadi agen perubahan yang positif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan memajukan perekonomian Aceh.

Dalam upaya ini, PLN telah berhasil menyelesaikan penyambungan listrik untuk dua pelanggan industri di Kabupaten Aceh Selatan dan Kota Meulaboh, serta mengoptimalkan fungsi energi listrik di sektor industri. Langkah ini tidak hanya mendukung operasional industri lokal tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

ADVERTISEMENT

banner 300x250

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pelanggan pertama yang berhasil disambungkan adalah Pabrik Es Anggi Pratama di Labuhan Haji dengan daya tersambung 240.000 VA. Pabrik ini menyediakan es untuk kebutuhan masyarakat dan nelayan di sekitar Meukek. Kegiatan penyalaan ini dihadiri langsung oleh Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Labuhan Haji Erliza.

“PLN siap memenuhi permintaan kebutuhan listrik untuk semua golongan pelanggan termasuk kalangan industri. Kami berharap layanan ini mampu meningkatkan perekonomian di Labuhan Haji,” ujar Erliza.

Pemilik Pabrik Es Anggi Pratama mengapresiasi gerak cepat PLN dalam memenuhi kebutuhan listrik pabriknya.

“Kami sangat mengapresiasi gerak cepat PLN dalam pemenuhan kebutuhan listrik pabrik kami. Dengan pasokan listrik yang andal kami dapat meningkatkan produksi es yang sangat dibutuhkan oleh nelayan dan masyarakat sekitar. “
Harapannya ke depan produksi kami meningkat yang berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar,” ucap Anggi.

Pelanggan kedua adalah Cahaya Express Cool Storage di Tapak Tuan dengan daya tersambung 131.000 VA. Cool Storage ini bergerak di bidang penyimpanan ikan dan udang dari nelayan di Desa Lhok Pawoh, Sawang, Aceh Selatan. Manager PLN ULP Tapak Tuan Deny Fluoriandi hadir dalam kegiatan penyalaan dan menyatakan bahwa layanan pasang baru ini merupakan bentuk kesiapan PLN dalam mendukung permintaan dan membantu pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Mushardi pemilik Cahaya Express Cool Storage menyampaikan terima kasih atas pelayanan cepat dari PLN.

“Kami sangat terbantu dengan layanan ini. PLN telah menunjukkan komitmen yang luar biasa dalam mendukung usaha kami. Dengan listrik yang andal, kami dapat menjaga kualitas penyimpanan ikan dan udang, yang pada akhirnya meningkatkan kepuasan pelanggan kami,” ujar Mushardi.

Di samping itu, PLN juga telah melakukan penyambungan listrik untuk beberapa pelanggan potensial lainnya di awal tahun 2024. Pada 22 Februari 2024, PLN berhasil melakukan energizing untuk RSUD Kota Sabang dengan total daya 240.000 VA. Pada awal Februari 2024 PLN juga berhasil melakukan energizing untuk dua pelanggan lainnya dengan total daya 1.800.000 VA, yaitu Landmark Bank Syariah Indonesia sebesar 1.110.000 VA dan UPTD BPSR DLHK Aceh Besar sebesar 690.000 VA. Langkah ini menunjukkan komitmen PLN untuk memenuhi kebutuhan listrik pelanggan dan memberikan pelayanan terbaik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di tahun 2024.

Di Meulaboh, PLN berhasil menyelesaikan penyambungan listrik baru untuk PT MIFA Bersaudara, perusahaan tambang yang beroperasi di Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya. Dengan daya sebesar 1.200.000 VA dan 865.000 VA, penyambungan ini diharapkan mendukung operasional dan meningkatkan produktivitas perusahaan tambang tersebut. Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Meulaboh, Aditya Setiawan, menyatakan kebanggaannya atas pencapaian ini.

“Kami sangat gembira bisa menjadi bagian dari pencapaian ini. Penyambungan listrik ini tidak hanya akan memberikan manfaat bagi PT MIFA Bersaudara, tetapi juga akan memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal dan kesejahteraan masyarakat sekitar,” ujar Aditya Setiawan.

PLN juga terus berupaya meningkatkan pemakaian tenaga listrik di sektor industri di Sigli dengan mengakuisisi sumber energi yang sebelumnya menggunakan genset bahan bakar minyak (Captive Power). Kilang Padi Meusapat di Desa Meugit, Kecamatan Mutiara Timur, Kabupaten Pidie, berhasil beralih ke sumber energi dari PLN dengan daya kontrak 197.000 VA. Manager PLN UP3 Sigli, Hery Kurniawan Indarto, menyampaikan bahwa PLN memberikan kemudahan layanan bagi penggunanya, terutama di sektor industri.

“Kemudahan layanan yang diberikan oleh PLN sangat membantu para pengusaha dalam menjalankan proses produksi kilang padi. Dengan pasokan listrik yang stabil, kami bisa mengurangi biaya operasional dan meningkatkan efisiensi produksi. Terima kasih PLN atas dukungannya,” ujar Putra Hidayat Nasution, pemilik Kilang Padi Meusapat.

General Manager PLN UID Aceh Mundhakir dengan tegas menyatakan bahwa PLN akan terus berkomitmen dan berkontribusi dalam menyediakan layanan listrik yang andal dan berkualitas untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Aceh.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan memperluas jangkauan kami. Dengan menyediakan listrik yang andal dan berkualitas, kami berharap dapat menjadi mitra yang diandalkan dalam pembangunan berkelanjutan dan mendorong pertumbuhan ekonomi di seluruh Aceh. Upaya kami tidak hanya berhenti pada penyambungan listrik, tetapi juga pada peningkatan efisiensi dan keberlanjutan dalam setiap aspek layanan kami,” ujar Mundhakir.

Dengan langkah-langkah proaktif dan responsif ini, PLN terus menunjukkan dedikasinya dalam memberikan layanan listrik yang andal dan berkualitas, serta mendukung pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah. PLN mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mendukung upaya peningkatan pelayanan kelistrikan demi kesejahteraan dan kemajuan bersama.

Berita Terkait

Pangdam IM dan Pj Walikota Banda Aceh Pelopori Pembangunan Mushola di SMPN 1 Banda Aceh
TTI Desak APH Tindaklanjuti Pelanggaran Hukum Dalam Proses Tender
Aminullah di Mata Pemuda Banda Aceh: Sukses Sektor Ekonomi, Pembangunan, dan Kepemudaan
Dinilai Tidak Kooperatif Saat Didatangi, Danki Tempatkan Informen WH di Warung Fika
Langgar Aturan, Irwan Djohan Diminta Buka Banner Kampanye dalam Tempo Tiga Hari
Dilantik sebagai Ketua Umum PB HUDA, Tu Sop : Kita Harus Hadir Memberi Solusi bagi Ummat
Kakorlantas Survei Pamwal Rolakir PON XXI Aceh-Sumut 2024
Tujuh Kloter Jemaah Haji Aceh sudah Pulang ke Tanah Air

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 08:58 WIB

Bripka Ari Arfandi, SH Raih Penghargaan Babinkhamtibmas Terbaik Polres Abdya 2024

Jumat, 19 Juli 2024 - 14:46 WIB

Dimanakah Hati Nurani Pemkab Aceh Selatan dalam Penggunaan Anggaran

Jumat, 19 Juli 2024 - 12:59 WIB

Bati tuud Koramil 05/ Pining Kodim 0113/Gayo Lues Pimpin Jum’at Bersih Di Desa Uring Kec. Pining

Jumat, 19 Juli 2024 - 02:46 WIB

MPW ICMI Aceh sepakati Beli Lahan

Kamis, 18 Juli 2024 - 23:02 WIB

Pj Gubernur Lantik H. Jata,SE Sebagai Pj. Bupati Gayo Lues

Minggu, 14 Juli 2024 - 17:28 WIB

Kelanjutan Proses Rehab Mesjid Baiturahim, Hari Ke-21

Rabu, 3 Juli 2024 - 08:04 WIB

Desa Kayee Aceh Kembali Salurkan BLT-DD Juli 2024

Senin, 1 Juli 2024 - 10:07 WIB

Tiga Pilar, Desa Kayee Aceh Raih Juara 1 se- Abdya di Hari Bhayangkara ke-78 Polres Abdya

Berita Terbaru

ACEH SINGKIL

Mulyadi Manik ( AMPAS) Meminta Kepada APH. Audit Kegiatan Bimtek

Selasa, 23 Jul 2024 - 01:35 WIB