0
Pola makanan yang baik di saat sakit

Detikaceh - Takkala kita sedang sakit, terkadang makanan yang membuat kita nafsu makan berkurang yang justru membuat kondisi Anda semakin parah. Misalnya saja semangkuk bakso pedas atau es krim.  Padahal, apa yang kita makan bisa berpengaruh pada cepat lambatnya proses penyembuhan.

Berikut beberapa penyakit umum dan pendapat ahli mengenai makanan yang bisa membantu mempercepat pemulihan:

Sakit seluruh badan
Makanan yang bisa meringankan rasa nyeri pada tubuh tergantung pada penyebabnya. "Untuk nyeri otot secara umum, makanan mengandung magnesium atau kalsium bisa meringankan sakitnya," ujar internis di Orange Coast Memorial Medical Center di Fountain Valley, Kristine Arthur.

Makanan yang mengandung magnesium termasuk kacang-kacangan, pisang, sayuran hijau, dan alpukat. Pangan berkalsium tinggi seperti salmon kaleng, yogurt, sayuran hijau gelap, dan jus jeruk berkalsium juga mampu mengurangi kram otot dan rasa sakit.Minuman mengandung alkohol dan kafein dapat membuat Anda dehidrasi, hingga memperburuk nyeri otot pada tubuh.

Sakit kepala
Arthur mengungkapkan bahwa dehidrasi mejadi pemicu utama sakit kepala. Karenanya, obati dahulu penyebabnya dan lihat apakah itu bisa meredakan sakit Anda. Air putih dan cairan lainnya menjadi pilihan utama.

"Minum sebotol air putih dan tunggu 20 menit apakah Anda merasa baikan atau tidak," ujar Arthur. Kafein diketahui bisa membuat Anda dehidrasi, namun sebenarnya bisa membantu dalam porsi sedikit. Namun pada tiap secangkir teh atau kopi, setarakan dengan minum air putih untuk menghindari dehidrasi," lanjutnya.

Makanan pemicu sakit kepala meliputi pemanis buatan, MSG, keju berusia lama yang mengandung tyramine, ditambah cokelat, anggur merah, hot dog, daging deli, dan buah kering.

Sakit kuping
Sakit kuping biasanya disertai gejala lainnya. "Jadi ini tidak berkaitan dengan makanan pada umumnya," ujar Arthur. Penyakit ini sering terjadi seiringan dengan infeksi pernapasan, namun makanan tertentu bisa membantu mengurangi rasa sakitnya.

Cairan bening dan sup ayam layak dicoba untuk mengurangi rasa tersumbat dengan melonggarkan saluran hidung. Pangan mengandung omega-3 bisa dijumpai pada salmon dan kacang-kacangan, yang mampu mengurangi peradangan.

Sayuran hijau berwarna gelap, buah beri, dan jeruk mengandung vitamin C untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Hindarilah produk susu karena bisa mengentalkan dahak dan memperburuk penyumbatan, kecuali yogurt yang mengandung probiotik. "Jauhi makanan yang dikemas dan diproses juga, yang bisa memperparah peradangan dan memperlama proses penyembuhan," imbuhnya.

Gatal-gatal
Ruam pun bisa menjadi gejala alergi. "Buatlah jurnal makanan secara rinci untuk melihat makanan yang tampaknya bisa memicu ruam," kata Arthur.

Makanan terbaik untuk kondisi ini adalah makanan mengandung omega-3 seperti ikan salmon dan sarden, walnut dan biji flax, serta makanan berprotein tinggi yang penting untuk kulit."Kulit terbuat dari protein, maka diet padat protein penting untuk sintesis protein kulit," tambahnya.

Makanan umum yang bisa menyebabkan gatal yakni kacang-kacangan, cokelat, ikan, tomat, telur, buah beri, kedelai, gandum, dan susu. Demikian dijelaskan oleh ahli kulit dan penulis Skin Rules: Trade Secrets from a Top New York Dermatologist, Debra Jaliman.

Pilek
Jika Anda pilek, gejala terburuknya mungkin hidung Anda tak akan berhenti mengeluarkan cairan. Selain mandi air panas, Slayton menyarankan untuk meminum teh hangat. Itu bisa jadi tak memperlambat cairan yang keluar, namun teh bisa menenangkan dan membuat Anda merasa lebih baik.

Pangan yang patut Anda coba saat pilek yakni teh jahe karena mengandung antioksidan dan anti-peradangan yang bisa menghilangkan pilek lebih cepat daripada hanya menunggunya sembuh sendiri. "Cuka apel dan lemon ditambahkan dalam air juga bermanfaat, " terang Slayton.Hindari makanan pedas yang bisa memperparah pilek Anda hinga tersumbat, begitu pula dengan alkohol.

Hidung tersumbat
Pilek, flu, atau infeksi sinus bisa mengiritasi dan meradangkan pembuluh darah pada hidung, sehingga Anda sulit bernapas. Selain menghirup uap dari mandi air panas atau menggunakan "humidifier, beberapa makanan bisa membantu.

Syalton merekomendasikan "susu emas", yang terdiri dari kunyit, yakni rempah-rempah yang dikenal akan sifat anti-peradangannya. Campurkan bahkan dua cangkir susu almond atau kelapa dalam panci, 1 sendok teh kunyit kering, 1 sendok teh jahe kering, sejumput lada hitam, dan madu secukupnya. Didihkan, lalu diamkan selama 10 menit. Sajikan selagi hangat.

Supaya tak memperburuk gejala, Slayton menyarankan Anda untuk tak mengonsumsi produk susu, makanan pedas, dan gula.
Written by: Detikaceh
Informasi Sejarah Atjeh, Updated at: Tuesday, February 24, 2015

Post a Comment

 
Top