0
Ie Dingen

Aceh Selatan-Siapapun akan tergoda melihat derasnya air terjun Ie Dingen di Sawang, Aceh Selatan, Aceh. Terlebih, air terjun ini punya pasir putih di bawah telaganya, layaknya seperti sebuah pantai. Unik!

Decak kagum meluncur dari mulut saya begitu melihat air terjun Ie Dingen yang cantik dan segar di Sawang, Aceh Selatan, Aceh. Air terjun ini berada tak jauh dari jalan raya.

Tak kurang dari 30 menit perjalanan dari Tapaktuan, Ibukota Kabupaten Aceh Selatan, harus traveler tempuh untuk bisa sampai ke air terjun tersebut. Untungnya saat itu masih pagi, saya dan teman-teman  menjadikan air terjun ini seperti milik pribadi.

Air terjun utamanya mengalir deras di antara celah batu dan membentuk sebuah telaga yang berair dingin. Brrr!

Mungkin karena itu pula, air terjun tersebut dinamakan Ie Dingen atau air dingin. Uniknya, di bagian bawah telaga air terjun ini berpasir putih. Jadi terasa mandi di pantai tapi dengan air tawar.

Air yang jernih membuat ikan bulan-bulan terlihat bermain dengan riangnya. Susunan batu alam yang tidak beraturan dan berwarna cokelat pun menambah daya tarik dari air terjun ini. Di atas pohon di sekitar air terjun, anggrek liar terlihat tak kalah memesona.

Untuk menikmati sejuk dan segarnya air terjun ini, kita tidak perlu membayar sama sekali, lho. Ya, alias gratis!

Dari gerbang masuk kita akan melihat warung-warung yang menjual makanan khas Aceh. Jadi, tak perlu takut kalau lapar melanda Anda sehabis berenang di air terjun Ie Dingen.

Ayo tunggu apa lagi? Kalau berlibur ke Sawang, Aceh Selatan, ‘wajib’ Anda rasakan segarnya basah-basahan di air terjun Ie Dingen.
Written by: Detikaceh
Informasi Sejarah Atjeh, Updated at: Saturday, April 05, 2014

Post a Comment

 
Top