1
Aceh adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang letaknya ada di sebelah ujung barat. Sampai tahun 2001 Aceh masih disebut dengan Nanggroe Aceh Darusalam, walaupun namanya sudah diganti dengan Aceh saja, namun nama itu tetap melekat dengan Aceh. Jika anda berkunjung ke Aceh sempatkanlah untuk singgah di tempat wisata di Aceh, banyak tempat yang dapat anda kunjungi di Aceh, dari mulai wisata religi, wisata alam, sampai wisata sejarah.

Aceh yang pada tahun 2004 pernah mengalami musibah yang memporak-porandakan segalanya yang ada, saat ini masih mulai bangkit untuk memperbaiki semua sarana dan prasarana yang ada. Saat musibah itu terjadi banyak tempat wisata di Aceh yang mengalami kerusakan berat, namun setelah berjalan lebih dari lima tahun ini wisata Aceh mulai bangkit. Dalam tulisan kali ini akan membahas mengenai daftar tempat wisata Aceh yang wajib anda kunjungi saat berlibur ke Aceh, tempat-tempat tersebut adalah:

 Masjid Raya Baiturrahman


Tempat wisata pertama yang wajib anda kunjungi di Aceh adalah masjid raya Baiturrahman. Masjid ini terletak di pusat kota Banda Aceh, masjid ini adalah salah satu simbol dari Aceh dan menjadi kebanggaan masyarakatnya. Masjid ini pada masa sultan Iskandar Muda pernah menjadi pusat pembelajaran agama Nusantara, tidak hanya dari Nusantara saja bahkan para pelajar dari Turki dan India belajar agama Islam di masjid ini. Masjid ini mempunyai luas lebih dari 4000 meter persegi dan dapat menampung 9000 jamaah. Di luar masjid terdapat empat menara dan satu menara induk, selain itu dihalamannya juga terdapat kolam besar. Masjid ini adalah salah satu bangunan yang masih utuh ketika terjadi tsunami di Aceh.
 Museum Tsunami Aceh

2. Museum Tsunami Aceh

Tempat wisata yang kedua adalah museum tsunami Aceh, museum ini terletak di Jl Iskandar Muda Banda Aceh. Luas dari museum ini kurang lebih adalah 2500 meter persegi. Museum ini dibangun untuk mengenang bencana tsunami Aceh dan museum ini juga menjadi pusat studi gempa dan tsunami. Selain itu museum ini juga dijadikan untuk tempat evakuasi bencana untuk masyarakat Banda Aceh.
Pantai Teupin Layeu Aceh

3.  Pantai Teupin Layeu Aceh

Pantai Teupin Layeu Aceh adalah salah satu tempat wisata di Aceh yang letaknya di desa Iboih dekat kota Sabang. Di pantai ini anda dapat menikmati pemandangan pantai yang indah dan menakjubkan, disini juga tersedia penginapan dan fasilitas lainnya. Di pantai Teupin Layeu ini anda dapat berenang dan melakukan snorckling.
Air Terjun Blang Kolam


Salah satu air terjun indah yang ada di Aceh adalah air terjun blang kolam.  Lokasi air terjun ini adalah di dalam hutan Aceh Utara, tempatnya yang sejuk sangat cocok untuk anda berlibur dengan keluarga. Disini anda juga dapat berendam dibawah air terjun. Sambil berendam anda bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah di hutan ini.
Kapal Apung Lampulo

5. Kapal Apung Lampulo

Tempat wisata yang wajib anda kunjungi di Aceh yang terakhir adalah kapal apung Lampulo. Kapal ini merupakan kapal yang terdampar di pemukiman warga saat bencana tsunami 2004 lalu. Untuk mengenang musibah tersebut pemerintah Aceh menjadikan kapal ini sebagai tempat wisata. Kapal apung Lampulo ini letaknya di desa Gampong Lampulo, Kuta Alam, Aceh.

Ke lima tempat wisata di Aceh ini harus anda kunjungi ketika berlibur ke Aceh. Selain tempat wisata yang unik dan menarik Aceh juga mempunyai daya tarik dari sisi kebudayaan dan tradisinya. Peraturan yang ada di Aceh sungguh berbeda dengan aturan di daerah lainnya, hal ini dikarenakan budaya dan juga sejarah dari Aceh sendiri.

Ada beberapa tempat di Aceh yang mengharuskan para wanitanya untuk mengenakan jilbab atau minimal menutup kepala. Maka dari itu bagi anda yang akan mengunjungi tempat wisata di Aceh ini harus menyiapkan kerudung ataupun penutup kepala ketika akan mengunjungi tempat wisata tersebut. Jika anda berlibur ke Aceh tidak hanya refreshing saja, disana anda akan mengenal budaya Aceh yang unik dan khas.

Descriptiontempat wisata di Aceh sangat beragam dan banyak, namun ada lima tempat yang wajib anda kunjungi saat berlibur ke Aceh.
Written by: Detikaceh
Informasi Sejarah Atjeh, Updated at: Saturday, April 05, 2014

Post a Comment

 
Top