0
Prosesor

Apabila berbicara tentang 'jerohan' atau spesifikasi komputer, pastinya tidak akan lepas untuk ikut membicarakan prosesor. Namun benarkah apabila semakin tinggi clock speed sebuah prosesor, maka semakin cepat pula performa komputer yang menggunakannya?

Apabila mengambil analogi tubuh manusia, prosesor dapat diibaratkan sebagai sebuah otak yang memiliki peran penting. Untuk sebuah spesifikasi komputer, pastinya akan tertera keterangan seperti Intel Celeron 2,4 GHz, AMD Athlon 2,8 GHz atau lainnya.

Nah, dari spesifikasi tentang prosesor tersebut, apakah benar semakin besar clocking speed-nya maka semakin bagus pula performa komputer yang bersangkutan?

Secara umum, memang semakin besar clocking speed sebuah prosesor akan mempengaruhi tingkat kecepatan baca mikroprosesor dalam memproses data dan mengeksekusi instruksi program. 

Walaupun begitu, belum menjadi satu hal yang pasti bahwa semakin tinggi clocking speed sebuah komputer maka menunjukkan kecepatan perangkat yang bersangkutan.

Suatu contoh adalah apabila ada dua komputer dengan spesifikasi sama hanya berbeda pada video card dan memorinya, maka belum tentu juga proses baca data keduanya akan sama.

Oleh karenanya, ada saran dari ahli bahwa apabila Anda termasuk seseorang yang gemar bermain game di komputer atau memiliki aktivitas berat dengan menggunakan PC seperti mengedit video, maka daripada membeli sebuah perangkat komputer dengan clocking speed yang lebih besar, lebih baik uangnya dapat dialokasikan untuk membeli video card atau memori yang cocok dan berkapasitas besar atau juga SSD yang dapat menggenjot kecepatan dan performa PC.
Written by: Detikaceh
Informasi Sejarah Atjeh, Updated at: Friday, March 07, 2014

Post a Comment

 
Top